Daftar Pustaka di Microsoft Word (Otomatis)

Bila Anda sedang menyelesaikan tugas seperti makalah, atau sedang menyelesaikan laporan penelitian sebagai tugas akhir Anda, atau mungkin dokumen akademik lainnya, biasanya daftar pustaka adalah sesuatu yang dibutuhkan bukan? Microsoft Word memang mempuni untuk menyusun dokumen, begitu juga halnya dengan menyusun daftar pustaka.

Jadi, halaman ini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word. Mari kita pelajari.

Tentang Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Membuat daftar pustaka otomatis, itu artinya tidak banyak yang dapat Anda lakukan dalam penyusunannya. Mungkin, hanya beberapa pengaturan tampilan saja.

Daftar pustaka otomatis ini bekerja dengan cara menampilkan seluruh sumber referensi yang tersimpan dalam dokumen itu.

Jadi, pelajari tentang cara menyimpan referensi di Microsoft Word.

Cara kerjanya, setelah referensi itu tersimpan, maka ditampilkan di bagian daftar pustaka. Jadi, secara otomatis akan menyusun daftar pustaka, bahkan sesuai dengan gaya penulisan daftar pustaka yang ditentukan oleh pengguna.

Sekarang, mari kita pelajari tentang cara membuat daftar pustaka otomatis itu.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Sekarang, mari kita buka dokumen yang akan dibuatkan Daftar Pustaka. Berada di halaman, perhatikan bagian Toolbar, dan ikuti panduan berikut:

  1. Tentukan Posisi Lembaran Daftar Isi
    Tentukan letak dimana akan menampilkan Daftar isi. Aktifkan kursor disana.
  2. Pergi ke Menu Referensi
    Berada di Menu Referensi, sekarang fokus pada bagian Kutipan dan Bibliografi. Lihat gambar berikut:
    Menu Referensi Bagian Kutipan
  3. Tentukan Gaya Penulisan
    Tentukan gaya penulisan yang diinginkan. Anda dapat memilih APA Style, Chicago, atau yang lainnya. Bila Anda seorang mahasiswa, biasanya hal ini ditentukan oleh perguruna tinggi/ Dosen Anda.
  4. Pilih Menu Bibliografi
    Sekarang, pilih menu Bibliografi. Disana, akan menampilkan beragam gaya yang akan digunakan. Silahkan pilih salah satu darinya.
    Sisipkan Bibliografi
    Anda dapat memilih Sisipkan Bibliografi untuk membuat daftar isi "Tanpa Judul". Artinya, judul semacam "Daftar Pustaka" tidak ditampilkan, dan dapat disesuaikan sendiri.

Sampai pada tahapan ini, langkah membuat daftar pustaka otomatis sebenarnya telah berhasil. Daftar pustaka Anda sudah ditampilkan ditempat yang ditentukan, dengan gaya penulisan yang ditentukan pula.

Memperbaharui Daftar Pustaka

Setiap kali ada tambahan referensi dalam teks Anda, maka Daftar pustaka perlu diperbaharui. Cara memperbaharui Daftar pustaka yakni:

  • Klik kanan pada teks bibliografi
  • Pilih perbaharui.

Pastikan Anda menambahkan kutipan dengan menggunakan toolbar yang tersedia (Sisipkan Kutipan). Itu akan membuat Anda menambah sumber yang dapat tersimpan di Dokumen Anda.

Yang Perlu Diperhatikan

Ada beberpa hal yang perlu diperhatikan ketiak Anda menggunakan Daftar Pustaka otomatis ini. Beberapa hal yang penting itu sebagai berikut:

  • Referensi dalam dokumen: Pastikan dokumen Anda memiliki referensi. Bila dokumen tidak memiliki kutipan apapun, maka tentunya tidak ada yang ditampilkan dalam daftar pustaka. Jadi, ini benar-benar menarik.
  • Sumber Referensi: Pastikan semua referensi yang digunakan dalam naskah, telah terdata dalam Sumber Bibliografi di Microsoft Word. Bila referensi ditulis secara manual, maka tentu saja Microsoft Word tidak mengenalinya, dan mengabaikan itu. Tidak akan ada Daftar Pustaka yang ditampilkan.
  • Gaya Penulisan: Meski Microsoft Word dapat mengatur gaya penulisan (seperti nama, judul yang dicetak miring, dan susunan lainnya), untuk jenis font yang digunakan, ukuran (size) font, dan hal lain yang terkait dengan gaya teks belum memiliki pengaturan. Jadi, Anda harus mengaturnya ulang, setiap kali Anda memperbaharuinya.
  • Sejauh ini, Gaya penulisan yang ditawarkan oleh Microsoft Word, belum sepenuhnya mendukung untuk penulisan Footnote dan Endnote.

Penutup

Membuat daftar pustaka di Microsoft Word akan membantu Anda dalam menyusun sesuai dengan gaya penulisan kutipan yang benar. Meski demikain, Anda perlu menambahkan terlebih dahulu setiap kutipan yang digunakan dalam naskah. Setelahnya, menampilkan Bibliografi dengan menentukan gaya penulisan menjadi lebih mudah.

Jika Anda memiliki kendala dalam menggunakan Daftar Pustaka otomatis di Microsoft Word, jangan sungkan untuk menuliskan pertanyaan itu di dalam kolom Komentar.

Comments