Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word
Daftar isi dalam sebuah makalah atau karya ilmiah tentu saja bagian yang penting. Tetapi, membuatnya dengan cara otomatis tentu saja meringankan pekerjaan.
Misalnya, dokumen Anda berisi lebih dari 100 halaman, dan menyusun daftar isi secara manual adalah masalah besar. Itu membuang banyak waktu, hanya untuk melihat halaman satu per satu. Ditambah lagi, bila ada perubahan pada dokumen, yang membuat daftar isi harus berubah juga.
Membuat daftar isi otomatis di Word merupakan langkah yang tepat, untuk menghasilkan dokumen yang valid dalam setiap daftar halaman. Mari kita pelajari.
Persyaratan
Sebelum membuat daftar isi, pastikan halaman Anda sudah menggunakan Heading. Ini berfungsi sebagai penanda dalam Microsoft Word, bahwa teks itu adalah Judul. Dengan begitu, teks ini akan ditarik untuk ditampilkan pada Daftar isi otomatis yang akan kita buat.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word
- Tentukan halaman untuk menempatkan Daftar Isi
Biasanya, halaman Daftar Isi itu tidak tergabung dengan halaman lainnya (baik sebelumnya maupun sesudahnya). Ia berada pada satu bagian utuh. Jadi, pastikan Anda menempatkannya pada bagian yang semestinya. Kemudian, pastikan kursor aktif disana, dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
- Pilih Referensi ⟶ Daftar Isi.
Di halaman Microsoft Word, pergi ke Menu Referensi (References). Disana memiliki banyak pengelompokan. Silahkan buka Daftar Isi untuk memulai. Gambar ini membantu langkah ini:
- Tentukan Gaya referensi yang diinginkan.
Anda dapat menentukan gaya referensi yang diinginkan. Pilihlah salah satu darinya. Jangan khawatir, karena Anda dapat menyesuaikannya bila dirasa itu tidak tepat.Bila Anda merasa bahwa Daftar isi yang tersedia tidak sesuai, Anda dapat memilih Daftar isi Custom. Ini membuat Anda memiliki keleluasaan dalam mengatur daftar isi. Pelajari lebih lanjut tentang Daftar Isi Cusstom (bagian bawah halaman).
- Pastikan daftar isi berada pada 1 halaman
Seperti yang disebutkan sebelumnya, halaman Daftar Isi itu biasanya berada dalam halaman penuh. Ia tidak tergabung dengan halaman lainnya, baik sebelumnya maupun sesudahnya. Pelajari lebih jauh panduan kami tentang Pemisah Halaman di Word.
Mengatur Daftar Isi Custom
Bila Anda menggunakan Daftar Isi Custom, maka Anda memiliki keleluasaan dalam mengatur tampilan daftar isi. Inilah yang akan kita bahas dalam bagian ini.
Saat Anda membuka daftar isi custom, maka kotak dialog akan menampilkan beberapa informasi penting terkait bagaimana daftar isi Anda ditampilkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar isi Custom, yakni:
- Pastikan untuk melihat pratinjau dari pengaturan Anda, baik dari tampilan cetak maupun web.
- Tentukan pilihan penomoran dapat ditentukan secara bebas. Anda dapat mengaturnya dan tetap memperhatikan pratinjau.
- Opsi petunjuk Tab, adalah pengaturan tampilan garis teks ke angka halaman Anda. Jadi, Anda dapat menentukan gaya yang diinginkan.
- Opsi Format, adalah susunan daftar isi yang tersedia. Anda dapat memilihnya, dengan memperhatikan pratinjau setelah mengubahnya.
- Opsi Level adalah tampilan untuk heading dengan level yang ditentukan. Bila Anda memiliki Heading dengan banyak level, tentukan disini. Ini akan mengatur posisi menjorok lebih ke dalam.
Penutup
Pada dasarnya, membuat daftar isi otomatis di Word merupakan langkah yang tepat untuk menyusun dokumen. Dengan menggunakannya, Anda tidak perlu lagi mengatur halaman daftar isi Anda, secara manual yang tentunya merepotkan.
Dengan daftar isi custom, Anda dapat mengatur perubahan tanpa kehilangan Gaya desain yang sudah ditetapkan, bilamana dokumen Anda mengalami perubahan. Itu berlaku secara otomatis untuk daftar pustaka.