Endnote: Panduan Lengkap Untuk Akademisi
Selain Footnote, salah satu bagian dari penulisan pengutipan adalah Endnote. Halaman ini, akan menjelaskan panduan lengkap tentangnya yang akan Anda pelajari diantaranya:
- Mengenal Endnote
- Perbedaan Endnote dan Footnote
- Cara menggunakan Endnote
- dan masih banyak lagi.
Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.
Mengenal Endnote
Endnote merupakan salah satu fitur Microsoft Word yang berguna dalam mengelola kutipan/ referensi secara langsung dalam dokumen.Dengan EndNote, pengguna dapat menyisipkan kutipan dari referensi yang telah disimpan dan secara otomatis membuat daftar pustaka sesuai dengan gaya penulisan yang dipilih. Ini memudahkan penulis untuk mengutip sumber dan membuat daftar pustaka tanpa harus keluar dari lingkungan Microsoft Word.
Pada Microsoft Word, Endnote berada di tab Referensi, yang mana disana menampilkan beragam fitur untuk pengutipan (termasuk Footnote).
Perbedaan Endnote dan Footnote
Jadi, kita sudah mengenal apa itu Footnote dan Endnote. Sekarang saatnya saya memberitahukan kepada Anda tentang perbedaan Endnote dan Footnote.
Keduanya adalah bagian yang berbeda. Meski tidak memiliki perbedaan yang jauh, nyatanya dalam praktik mereka membutuhkan pemahaman tersendiri.
Footnote mungkin lebih familiar digunakan banyak akademisi. Tetapi Endnote menawarkan sesuau yang menarik. Bahkan buku-buku yang diterbitkan juga kadang kala memutuskan untuk menggunakan Endnote pada pengutipannya.
Secara umum, perbedaan dari Endnote dan Footnote akan lebih mudah digambarkan dalam tabel berikut:
Kriteria | Footnote | Endnote |
---|---|---|
Defenisi | Catatan kecil yang ditempatkan di bagian bawah halaman atau akhir dari sebuah dokumen yang berisi penjelasan, komentar, atau referensi terhadap teks utama. | Catatan yang ditempatkan di akhir dokumen atau bab yang sama, yang berisi penjelasan, komentar, atau referensi terhadap teks utama. |
Lokasi | Biasanya ditempatkan di bagian bawah halaman yang relevan | Ditempatkan di akhir dokumen atau bab yang sama |
Jumlah | Bisa lebih banyak digunakan karena memungkinkan penjelasan atau referensi yang lebih terperinci. | Biasanya digunakan lebih sedikit karena merupakan catatan tambahan yang terpisah dari teks utama. |
Cara Menggunakan Endnote
Untuk menggunakan Endnote, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan seperti menggunakan Footnote. Anda dapat mengarah ke Tab Referensi, untuk memilihnya. Lihat gambar ini:
Untuk dapat menggunakan Endnote dengan baik, mari pelajari langkah-langkah ini:
- Aktifkan Kursor di tempat yang diinginkan
- Pilih menu References
- Pergi ke bagian Catatan kaki, pilih Insert Endnote (catatan akhir).
Sampai disini, Anda dapat melihat catatan akhir sudah diterapkan untuk teks Anda. Kutipannya berada tepat dimana Anda meletakkan kursor. Dan teks referensinya dapat ditambahkan di akhir. Ia mungkin akan berada dibagian akhir dari dokumen Anda.
Tampilannya mungkin terlihat tidak jauh berbeda seperti footnote. Hal yang paling terlihat bahwa Endnote biasanya ditandai sebagai tanda romawi kecil (i), dan itu akan bertambah seiring banyaknya catatan akhir (i, ii, iii, iv ..... ix).
Mengenai posisi Endnote, dan bentuk kutipannya (seperti i, ii, iii), itu dapat disesuaikan dengan keinginan penulis. Anda dapat mengaturnya dengan membuka pengaturan catatan kaki/ catatan akhir. Itulah yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.
Mengatur Endnote
Bagian ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan catatan akhir (Endnote) yang ada. Setelah Anda menerapkan catatan akhir untuk teks Anda, sekarang saatnya kita menyesuaikan dengan keinginan kita.
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk ini. Yang pasti, segala pengaturan untuk catatan akhir Anda, ada pada menu pengaturan yang disediakan. Untuk dapat mengaksesnya, pilih icon Tab (semacam ini ). Itu akan membuka kotak dialog, tempat dimana Anda dapat mengatur dengan bebas Endnote Anda. Lihat gambar ini:
Saya akan mencoba menjelaskan dari berbagai pengaturan ini:
- Lokasi Catatan akhir
- Akhir bagian: Catatan akhir Anda akan ditempatkan pada setiap akhir bagian (section). Bila Anda belum membaginya, pelajari tentang mengatur section di Word.
- Akhir Dokumen: Catatan akhir Anda akan ditempatkan di bagian akhir dari dokumen Anda. Itu artinya, bila Anda memiliki dokumen dengan 10 halaman, maka ia akan berada di akhir halaman 10.
- Format Angka
Anda dapat menentukan format Angka yang diinginkan. Bila Anda ingin menggunakan angka, silahkan tentukan.
- Penomoran
- Berkelanjutan: Angka sebagai Endnote Anda akan terus berkelanjutan. Tidak perduli sebanyak apa bagian naskah Anda, angka itu akan terus berulang. Bila memiliki lebih dari 100 catatan, maka ia juga akan ditampilkan dengan angka 100 kecil di teks Anda.
- Mulai ulang setiap bagian: Ini artinya, penomoran pada catatan akhir Anda akan berulang untuk setiap bagian. Bila Anda sudah mengatur halaman Anda untuk bagian-bagian tertentu, maka nomor akan secara otomatis mengulang pada setiap bagian.
- Mulai ulang setiap halaman: Ini artinya, catatan akhir (Endnote) Anda akan terus mengulang penomorannya setiap halaman.
Sebagai bahan pertimbangan, Saya lebih senang menggunakan Endnote, dan mengulangnya untuk setiap bagian. Itu artinya, setiap halaman BAB dalam naskah Saya, akan mengulang ke nomor 1. Ini akan jauh lebih mempermudah dalam pengelolaan referensi. Menurut Saya, halaman sedikit terlihat lebih beraturan, dan tidak memakan terlalu banyak angka besar.